Blogger Jateng

Awas Virus Flame Menyerang

Virus baru di komputer telah ditemukan dan banyak menyatakan bahwa itu virus tercanggih untuk saat ini. Virus ini diberi namaFlame. Perusahaan anti virus Kaspersky menyatakan bahwa virus ini amat unik, 20 kali lipat lebih hebat dibanding virus atau malware lain yang telah terdeteksi selama ini, seperti virus Stuxnet yaitu sebuah virus yang menyerang fasilitas nuklir milik negara Iran. Iran bahkan menuduh negara Israel dan barat yang membuat virus tersebut. Selain Stuxnet, ada juga program jahat lain yang pernah menyerang Iran yaitu Duqu.

Kembali ke topik, Flame punya kemampuan canggih. Seperti:

  • Mengumpulkan data rahasia
  • Merubah setting komputer secara remote
  • Menghidupkan mikrofon komputer untuk merekam pembicaraan
  • Mengambil screenshot dan mengkopi pembicaraan di instant messaging.

Perusahaan anti virus Kapsersky sampai meminta bantuan untuk memahami virus ini. Mereka mengatakan kode virus 20 kali lipat ukuran kebanyakan software program jahat. Virus ini sebenarnya sudah beredar lama sejak 5 tahun yang lalu dan menginfeksi komputer di Iran, Israel, Sudan, Syria, Libanon, Arab Saudi serta Mesir.

"Jika Flame tidak ditemukan selama lima tahun, kesimpulan logisnya adalah ada operasi lain yang sedang berlangsung yang tidak kami ketahui," kata Roel Schouwenberg, periset sekuriti senior Kaspersky.
Profesor Alan Woodward dari jurusan ilmu komputer University of Surrey membenarkan kerumitan virus Flame. Program jahat ini bisa menggaet informasi dengan mengkopi ketikan di keyboard dan suara orang di sekitar. "Virus ini tidak dibuat oleh remaja di kamarnya. Virus ini besar, kompleks dan ditujukan untuk mencuri data sambil tetap tersembunyi dalam waktu lama,"

Jadi sobat hati-hatilah dalam menggunakan komputer, waktu online ataupun offline. Selalu update Anti Virus walaupun nggak menjamin aman tapi kan ada pertahanan.

Posting Komentar untuk "Awas Virus Flame Menyerang"