Show me an example Menganalisa Kerusakan Motherboard dan CPU Komputer Yang Berbunyi Beep | Mengenal Komputer

Menganalisa Kerusakan Motherboard dan CPU Komputer Yang Berbunyi Beep

Apabila kita menyalakan komputer dan ternyata pada layar monitor tidak nampak apa-apa atau blank, padahal lampu menyala, kipas processor dan VGA juga berputar, apa kira-kira yang rusak ya? Berikut analisa dari saya:

  • Tidak terdengar suara “Beep” sama sekali tapi monitor tidak tampil gambar, dalamkasus ini kita tidak bisa memastikan perangkat keras mana yang bermasalah. Copot semua perangkat keras yang menancap pada motherboard dan bersihkan. Jika tampil bios tetapi nggak mau tampil OS-nya (Windows, Linux, Mac) coba periksa kabel harddisk kencangkan bila kendor.
  • Terdengar suara “beep” pendek 1 kali, berarti komputer sobat dalam keadaan normal atau baik, akan tetapi bila pada layar monitor tetap tidak tampil gambar, coba sobat cek kabel konektor dari CPU ke monitor apakah sudah terpasang dengan benar.
  • Terdengar suara “Beep” 2 kali pendek, berarti ada masalah pada setting CMOS, coba reset CMOS dengan mengubah posisi jumper pada mother board, biasanya ada 6 atau 8 pin (kaki) sobat cari saja tulisan clear CMOS yang dihubungkan antara kaki nomer berapa dan berapa (tiap motherboard berbeda)
  • Terdengar suara “Beep” 1 kali panjang dan 1 kali pendek berarti terdapat masalah pada RAM, periksa RAM sobat apakah sudah terpasang dengan baik, atau copot RAM-nya dahulu lalu bersihkan dengan Penghapus karet dan bersihkan pula slot tempat RAM dengan kuas.
  • Terdengar suara “Beep” 1 kali panjang dan 2 kali pendek berarti ada masalah pada monitor atau VGA card sobat, Periksalah apakah monitor masih bagus dan periksa VGA card, cabut dan bersihkan.
  • Terdengar suara “Beep” 1 kali panjang dan 3 kali pendek berarti ada masalah dengan Keyboard (Papan ketik) sobat, Periksa konektor atau sambungan dari CPU ke Keyboard, kencangkan apabila kendor dan jangan sampai salah tempat dengan konektor mouse, biasanya berbeda warna, sesuaikan dengan warna konektor dari keyboard sobat, kecuali sobat menggunakan konektor USB tentu tidak ada perbedaan.
  • Terdengar suara “Beep” 1 kali panjang dan 9 kali pendek, berarti terdapat masalah pada ROM BIOS, untuk mengatasinya ganti ROM BIOS dengan yang baru, dengan mencopot ROM BIOS dari socketnya, cari yang sesuai dengan type atau merk motherboard yang sobat pakai.
  • Terdengar suara “Beep” pendek secara terus menerus berarti ada masalah dalam PSU (Power Supply Unit) dikarenakan tegangan yang tidak stabil.
  • Terdengar suara “Beep” panjang secara terus menerus berarti ada masalah dengan RAM, periksa dan bersihkan RAM berikut slotnya.

Tiap motherboard terkadang memberikan kode “Beep” yang berbeda-beda, penjelasan diatas hanya secara garis besarnya saja atau secara umum saja.
Bila ada sobat blogger ada yang mau menambahkan silahkan isi kotak komentar agar kita sama-sama bisa saling belajar.

 

Semoga bermanfaat.
Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar.



Artikel Terkait: