Blogger Jateng

Pengertian Aplikasi Portabel serta Tempat Downloadnya

Apakah aplikasi portabel itu? Aplikasi portabel adalah sebuah aplikasi atau software atau perangkat lunak yang dapat langsung digunakan tanpa perlu instal lagi dan dapat disimpan dalam hardware atau peralatan portable seperti hard disk, flash disk, memory card dan CD/DVD. Karena bersifat portabel jadi dapat langsung digunakan pada komputer lain yang sama sistem operasi-nya (OS). Misal saya menyimpan aplikasi mozilla firefox dalam Flash Disk (FD) saya, ketika saya colokkan flash disk tersebut ke komputer sobat maka saya bisa langsung menjalankan aplikasi mozilla firefox saya tanpa perlu lagi install aplikasi tersebut, dengan cache dan cokies dan alamat yang disimpan (bookmark) yang sama dengan ketika saya pergunakan di komputer saya.

Kelebihan menggunakan aplikasi portable yaitu :
  • Mudah dalam penggunaan tanpa perlu instalasi jadi kita cukup membawa perangkat portabel (FD) untuk menjalankan
  • Bisa digunakan di hampir semua komputer selama masih memenuhi syarat
  • Menghemat ruang di harddisk komputer
  • Lebih aman karena data tersimpan di perangkat portable (FD dll) bukan tersimpan di komputer yang kita pergunakan (HDD internal)
Sekarang kekurangan menggunakan aplikasi portabel antara lain:
  • Kadang fitur tidak selengkap aplikasi yang install langsung
  • Kadang meninggalkan file junk (sampah) pada registry
Anda dapat mendownload aplikasi portable di beberapa website diantaranya:
  1. Liberkey 
    Banyak menyediakan aplikasi portable mulai dari multimedia, internet, security, game dll
  2. PortableApps
    Menyediakan banyak aplikasi dan dapat dijalankan melalui Flash Disk, Hard Disk, MMC serta peralatan portabel lainnya
  3. Lupopensuite
    Jumlah aplikasinya tidak terlalu banyak tapi layak untuk dicoba
  4. Win Pen Pack
    Banyak aplokasi yang bagus
  5. Portable Freeware
    Sesuai namanya situs ini memberikan daftar dan review sebelum kita download aplikasi yang kita butuhkan.