Blogger Jateng

Membuat Recycle Bin Untuk Flashdisk

Membuat recycle bin untuk flashdisk, MMC, SD card atau media penyimpanan portable yang lain hanya memerlukan sebuah software kecil kurang lebih berukuran 690KB saja, freeware alias gratis tanpa perlu patch, crack atau keygen, nama software atau perangkat lunak tersebut adalah iBin. Seperti yang kita ketahui, bila dari HDD kita hapus sebuah file maka file tersebut berpindah ke recycle bin, sebelum kita benar-benar ingin menghilangkannya. Tapi jika di flashdisk begitu kita hapus maka akan hilang file itu dari flashdisk. mengenal komputer

Fungsi dari aplikasi iBin yaitu menjadikan atau membuat recycle bin di flashdisk, jadi file yang kita hapus bisa kita restore lagi suatu saat jika memerlukan. Langsung kita mulai saja proyek kita:

  • Download iBin DISINI
  • Extrack iBin dan pindahkan ke flashdisk atau media portable  yang mau di buat recycle bin
  • Klik 2X iBin.exe untuk menjalankannya nanti ada kotak dialog pilih aja OK terus
  • Klik kanan icon iBin di taskbar, pilih custom option untuk mengatur konfigurasi
  • Set a start up command jika ingin autorun atau langsung jalan aplikasinya begitu kita colok flashdisk.
    Space limit untuk mengatur berapa kapasitas yang mau kita gunakan (biarin aja 10% jika mau ditambah atau dikurang juga nggak masalah), jika selesai konfigurasinya klik Save untuk menyimpan

Jika kita hapus file nanti ada konfirmasi: Erase it untuk menghapus file selamanya, Cancel untuk membatalkan, Dump into iBin dipindahkan ke iBin. Sobat pilih yang dump into iBin agar suatu saat nanti bila sobat memerlukan bisa di restore atau kembalikan lagi, kecuali memang sobat ingin menghapus selamanya pilih Erase it.

Jika sobat memerlukan file yang sobat hapus tadi caranya klik kanan icon iBin di taskbar pilih Dumping Management, sobat pilih file yang mau di restore lalu klik Recycle Data Selected dan filenya akan kembali ke tempat asal-nya.

Demikianlah proses membuat recycle bin untuk flashdisk, semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat semua. Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar.

iBin Recycle bin untuk harddisk

Jika ada sobat yang menggunakan system operasi (OS) Linux di komputer-nya tentu tidak memerlukan lagi software semacam ini, karena Linux sudah membuatkan sendiri bernama TRASH dan ada juga di flashdisk kita.

Jika kesulitan download dari adf ly silahkan sobat lihat cara buka link dari ADFLY