Blogger Jateng

Pengertian Virus Dan Cara Mengatasinya

Pengertian virus pada komputer merupakan program atau aplikasi jahat yang dapat menyebar dengan cepat ke dalam komputer kita dengan cara menggandakan diri atau memasuki program lain. Virus dapat menularkan atau berkembang biak melalui internet, flash disk dan lainnya. Virus komputer dapat merusak program yang ada di komputer kita, tapi ada juga virus yang tidak menimbulakn efek berbahaya hanya saja pengguna komputer tetap merasa terganggu.
Virus komputer jika di analogikan sama seperti virus biologis atau vius yang menyerang pada manusia dan makhluk hidup lainnya, begitu cepat menyebar untuk menginfeksi korbannya. Jika di komputer virus menyerang software atau perangkat lunak tetapi secara tidak langsung dapat juga membuat hardware atau perangkat keras jadi rusak.

Virus komputer pada umumnya menyerang system operasi (OS) Microsoft Windows mulai dari Windows 95 sampai Win7 ( Win 8 belum final, tapi sepertinya juga bisa di hajar virus), untuk system operasi lain seperti MAC OS atau Linux tidak terlalu signifikan tetapi tetap saja ada.
Virus komputer memiliki efek negatif terutama dalam hal memperbanyak dirinya sendiri bahkan bisa memanggil atau mendownload virus-virus yang lain untuk peranak pinak di komputer kita, dan dapat menyebabkan CPU bekerja lebih berat, karena beban processor dan RAM di pakai oleh virus dan membuat komputer kita lebih lambat dalam bekerja. Bahkan dapat membuat penuh harddisk kita dengan file-file sampah yang tidak kita inginkan, karena virus meng-copy-kan dirinya sendiri.
Berikut beberapa contoh virus yang beredar di pasaran dunia maya:
  • Worm
    Worm yaitu sejenis virus yang tidak menginfeksi program lain tapi langsung merubah atau merusak program tersebut. Yang terkenal yaitu keluarga besar sality.
  • Trojan
    Trojan di kategorikan virus karena sifat programnya dapat bekerja sendiri di komputer, yang dapat mengontrol computer secara otomatis.

Serangan virus dapat di cegah dengan kita menginstal Anti Virus pada komputer kita. Sobat dapat memilih dan mendownloadnya untuk Anti Virus Internasional atau Anti virus Buatan Indonesia.
Berhati-hatilah dalam berinternet, jangan mengunjungi situs-situs pornography atau situs-situs underground. Dan setiap colok flashdisk ke komputer harap di scan dahulu menggunakan anti virus. MAU LEBIH AMAN LAGI, gunakan LINUX.
Demikianlah pengertian virus dan cara mengatasinya yang saya ketahui, bila ada sobat yang lebih memahami dan mengetahui yang lain saya persilahkan untuk menambahkannya di box komentar.