Blogger Jateng

Cara Download dan Menggunakan CCleaner

Cara Download dan Menggunakan CCleaner. CCleaner adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membersihkan file-file yang sudah tidak terpakai lagi , dan bisa juga untuk memperbaiki system registry yang error pada komputer atau laptop kita, sehingga dapat membuat komputer kita berjalan lebih kencang dan space atau ukuran hard disk kita bertambah lega.
CCleaner dapat membersihkan banyak file sampah atau tak berguna di komputer kita, diantaranya:
  • Di Internet Explorer secara default membersihkan Temporary Internet file, hystory, cookies, recently typed urls, index.dat, dll
  • Windows Explorer yaitu recent document, run, search autocomplete dll
  • System Windows antara lain empty recycle bin, temporary files,clipboard dll
itu semua yang ada di tab windows jika di klik tab application akan muncul beberapa aplikasi yang sobat instal di komputer sobat, tinggal checklist atau centang pada box atau kotak untuk memilih jenis-jenis file yang akan dihapus. Ingat ini dihapus secara permanen dan file tidak bisa dikembalikan atau restore lagi.
Pada tab Registry sobat dapat membersihkan registry yang rusak atau tak terpakai lagi, dengn klik Scan for issues, tunggu sampai selesai lalu klik fix selected issues, akan muncul dialog registry-nya mau di backup atau tidak, pilih yes atau no, muncul lagi pop up pilih langsung fix all selected issues, jika sudah selesai klik close.
Pada tab tools ada beberapa pilihan yaitu:
  • Uninstal yang berfungsi untuk menghapus program yang ada di komputer kita, fungsinya sama dengan add/remove program yang ada di control panel
  • Startup yaitu untuk memilih program untuk dijalankan bersamaan dengan ketika kita menyalakan komputer kita, sobat bisa pilih yang penting-penting aja, yang nggak perlu mendingan di no/off, misalnya yahoo messenger di pilih yes/on bagi yang suka ym-an, untuk aplikasi sound, vga serta anti virus biarkan saja yes.
  • System restore untuk mengembalikan atau restore windows kita ketika kita membuat restore point.
  • Drive wiper untuk membersihkan file-file yang tidak terpakai pada harddisk, sobat bisa pilih drive C,D atau yang lain, ini kadang bisa memakan waktu yang lama.
Tab Options terdapat beberapa pilihan lagi antara lain:
  • Setting utuk menyetting ccleaner seperti pilihan bahasa, pilihan dalam hal menghapus, dll
  • Cokies yaitu jejak atau track dalam internet explorer
  • dan masih banyak lagi tinggal sobat pilih sesuai selera.
 CCleaner
Demikianlah cara menggunakan aplikasi ccleaner yang singkat padat dan tak berisi. Terima kasih telah berkunjung dan sudilah kiranya sobat juga memberikan komentar atau masukan bagi saya.
Hampir lupa bila sobat ingin mencobanya silakan download CCleanernya disini